Senin, 21 September 2009

30 Jam Jakarta - Purwokerto (Mudik 1430 H) part 1of 2




Allahu akbar , Allahu akbar, Allahu akbar.
Laa ilahailalahuallahu akbar.
Allahu akbar walilahil hamdu.

Setelah di gembleng di bulan ramadhan , menahan lapar dan haus dan juga godaan yang mengganggu puasa, menahan amarah, emosi, akhirnya tiba juga hari kemenangan.  Hari yang fitri dimana semua umat manusia di bumi ini saling meminta maaf dan memberi maaf kepada yang lain. Hari lebaran sebenernya sudah sangat fix tanggalnya, yaitu tanggal 1(satu) syawal , tapi kalo di Indonesia, menentukan tanggal 1 syawal ini sangat lah sulit. Karena banyak step yang harus di lalui untuk menentukan kapan jatuh nya tanggal 1 syawal ini. Tidak hanya di Indonesia, di seluruh pelosok bumi juga sama aja.  Menentukannya melalui hisab, melihat bulan, dll. Makannya banyak orang yang kadang berlebaran duluan atau bahkan belakangan dari yang lain. Perhitungan 1 syawal ini berdasarkan tahun hijriyah, yaitu berpatokan sama bulan. Kalo tanggal biasa itu masehi berdasarkan matahari.


Biasanya lebaran di Indonesia ini mengikuti lebaran tanggalan. Kenapa gw bilang lebaran tanggalan, karena pemerintah biasanya menentukan lebaran itu selalu pas dengan tanggal merah. Tapi untuk tahun ini berbeda, di tanggal masehi seharusnya lebaran hari senin tanggal 21, tapi sekarang pemerintah sudah menentukan kalo lebaran tanggal 20 September 21, 2009 yang jatuh di hari minggu.  Lebaran kali ini, untuk ke dua kalinya gw  lebaran ga bareng ortu gw. Lebaran tahun kmaren hampir sama, bonyok  lebaran di Sumatra (tepatnya di muara enim Sumatra selatan) , sedangkan gw banyumas jawa tengah. Pas bulan juli agustus kmaren, kebetulan gw yang kuliah di binus ini sedang liburan, jadi gw selama 2 bulan itu pulang kampung ke sana. Dan pulang ke Jakarta setelah puasa di Sumatra selama 1 minggu. Jadi karena itu untuk lebaran kali ini knapa gw milih mending lebaran di jawa ketemu ama mbah kakung ama mbah putri. Karena blom lama dah ketemu sama keluarga di sana. Selain itu kebetulan bokap selama bulan puasa kmaren dinas ke Jakarta 2 kali. Jadi rindu ketemu mereka sudah terobati.
Hal yang paling susah ketika lebaran ialah angkutan menuju kampung nya.  Kebetulan pas hari rabu tanggal  16 September  kmaren bokap ada dinas. Nah saat itu ane kepikiran maw pulkam ke Sumatra bareng bokap. Yawdh ahirnya ane di suruh ke rawamangun buat cari tiket ke sana. Pas sampe sana langsung ke loket Lorena buat nannya dulu harga tiket buat ke Sumatra untuk perjalanan hari kamis besok nya. Yah namanya jga lebaran, harga tiket udah naek kena tuslah.
Gw : “mba, tiket buat ke Palembang untuk hari kamis besok brapa ya mba..?”.
mba di Loket : “ untuk kamis harga nya 480 ribu mas.”
Gw : “yang bohong mba, masa mahal bner. Orang kmaren abis bli cman 190 rb”.
mba di Loket : “yah mas namanya juga lebaran..cari aja di mana2 juga harga nya segitu. Udah fix ini”.


Gw mikir, ya emang bner juga c. lebarn tahun kmaren gw juga mbeliin buat kk gw ke sana juga 400ribuan.
Gw: “msih banyak bangku kosong ga mba..??”.
mba di Loket: “bntr cek dulu……..msih kok mas, maw brapa orang..?”.
Gw :”buat 2 orang mba…tapi saya nnya aja dulu mba, nanya bokap dulu”.
mba di Loket smbil rada cemberut : “ohh…silahkan”.
 Tiket menuju Palembang dari yang 190 ribu melonjak jadi 480 ribu. WTF… trus cek bangku ternyata msih lumayan ada yang kosong. Terus gw iseng juga nannya untuk ke purworejo.  Kalo bis ke purworejo gw bisa turun langsung depan rumah soalnya.
Gw: “mba lorena ada yang ke purworejo ga y a..??”
Mba di loket : “kalo lorena ga ada mas yang ke purworejo, adanya purwokerto sama ke jogja”.
Wah,..gw piker, kalo purwokerto ke kampung gw msih 1 jam lagi, kalo turun jogja ke kampung gw msih 4 jam. Pilih purwkerto aja lah.
Gw:” kalo purwokerto brapa mba untuk hari kamis..??”
Mba di loket : “ bentar….purwokerto 210 ribu mas, bangku nya msih ada yang berapa yang kosong kok..”.
Gw: “ kalo untuk hari jumat gimana mba harganya”.
Mba di loket : “sama aja kok mas harganya…bangku nya msih ada tuh yang di depan yang kosong”.
Hmm….sistem harga tahun ini sedikit berbeda dengan tahun yang lalu. Kalo dulu harga tiketn ya semakin deket dengan lebaran maka hargaya semakin mahal. Contoh kalo H – 3 harga nya 300 ribu maka harga H-1 bisa sampe 400 ribuan.
Gw :”oh,,,makasih ya mba….” (emang niat gw cuman nannya doing).
Abis itu gw jalan2 aja di depan loket bis2, sambil di tarik2 sama petugas bis buat cari pelanggan. Mereka nannyain maw kemana mas….padang , jogja mas, balii….. Tips dari gw, kalo lo lagi di rawamangun. Lw jawab aja maw kemana, kalo lo diem smakin di tarik2 ama mereka. Dan maw lebih aman lagi kalo lo ngomng “ udah dapet tiket nya pak”. Jadi mereka nyerah narik2 lw.
Trus gw ke loket SInar Jaya. Siapa c yang ga taw bis Sinar jaya kalo orang jawa khususny jawa tngah. Bis yang armadanya gw bilang pling banyak yang lewat Jakarta ke kota2 di jateng. Pas gw liad di loketnya, harga tiket untuk AC  tuh 190 ribu. Trus gw denger kalo sinar jaya ga bisa pesen kek lorena. Jadi harus dateng jam  4 sore buat ngantri tiket untuk perjalanan hari ini. Aghh,,,males nya ..pasti ngantri nya kek ngantri sembako buat depet tiketnya. Yawdh gw males ke sinar dan mending pulang aja lah. Abis sampe rumah, ngobrol ma bokap dan ternyata dia dah pesenin tiket 2 orang naek travel. Dalem hati gw, “t aw gini gw males de  panas2 puasa ke rawamangun..”.
Kemudian gw  berpikir , rada bimbang buat ke Sumatra. Trus gw bilang aja ke bokap kalo pengen pulang ke jawa aja ketemu mbah di sana. Pertama bokap nannyain, maw ngapain ke sana trus gw ya njelasin panjang lebar kalo maw kesana dan untungnya bokap menyetujuinya. Dan kata2 yang paling gw seneng dengernya tuh:
Bokap : “ada ongkos ga ke jawanya”.
Dengan berbunga2 meskipun sebenernya gw ada ongkos na kesana
Gw: ” ga ada yah”.
Bokap :” brapa ongkos ksana…?”.
Gw: “210 ribu…”. (pdahal coba ngomng 400 ribu)
Bokap : “200 ribu aja cukup yah. Ntar ibu kan transfer buat kamu”.
Gw:” yawdh gpp”.
Lumayan dapet duid tambahan buat lebaran 200 ribu. Trus saat itu juga tiba2 tante gw ngasih 150 ribu buat THR. Omaigad…dah 21 tahun msih dapet THR.Ghe Ghe.
Pas hari esoknya yaitu hari kamis, bokap gw pulang ke Sumatra naek travel yang kemaren dah di pesen. Yang otomatis nge cancel 1 tiketnya lagi yang aturan buat gw. Abis dapet duid buat pesen tiket gw langsung cabut ke rawamangun lagi buat bli tiket lorena ke purwokerto dengan supra fit gw.  Pas sampe sana pas cari bangkunya tiba2 tinggal sisa 4 bangku. Padahal hari sebelumnya msih kosong banget yang buat perjalanan hari jum’at.  Ahirnya gw pesen bis lorena dengan bangku no 4 (empat) B. cirri khas dari lorena itu bis nya semua di kasih kode2 dan tujuan perjalanan, kalo gw dapet dengan kode LB 2410 tujuan purwokerto. yah meskipun ga dapet bangku yang di pinggir jendela yang penting dapet bangku buat ke jawa tanpa harus bersusah payah ngantri tiket.
Ahirnya hari jum’at pun tiba, semua baju , leptop, mp3, hp sikat gigi, anduk, charger, dompet,  dll dkk dsb sudah di persiapkan dan di masukin ke dalem koper kecil. Siap brangkat ke kampung di jawa. Jadwal keberangkatan bis jam 07.00 PM atau 19.00 WIB. Jam yang bner2 ga pas banget. Knapa gw bilang ga pas, soalnya kita buka puasa jam 18.00 sedangkan perjalanan ke rawamangun dari tebet ampir 1 jam. Yawdh ahirnya gw brangkat jam 17.30 dengan niat buka di angkot menuju ke terminal aja. Sampe di rawamangun jam 18.20 gw langsung cari tempat buat makan.  Hmm ahirnya gw pilih sate padang aja lah buat buka. Abis makan gw langsung ke loket lorena buat liad informasi kapan bis berangkat.
Pukul 18.40 WIB
Gw:  “pak, bis yang ke purwokerto nomer LB 2410 dah dateng blom yah.??”.
orang loket :” blom de, mungkin sebentar lagi.”
Gw : “makasih pak”.
orang loket : “boleh liat tiketnya de..?”


Gw buka dompet dan gw kasihin tketnya ke dia. Trus dia sobek bagian depannya dan di kasihin ke orang loket lainnya buat di satuin dengan yang lain dan tiketnya di kasihin lagi ke gw.


Gw: “makasi pak”.
Jalan2 sekitar terminal cari tempat duduk yang pewe. Sambil maen HP dengerin music serasa dunia milik gw sendiri. Sambil ngeliadin bis2 yang lalu lewat.  Dalem hati pun berharap ..:
“ya Allah…moga2 di bis nanti, gw duduk di samping cewe cakep ya allah..biar dalem perjalanan gw ga mbosenin . dan jangan sampe samping saya ibu2 dah giu pake balsam ama minyak kayu putih mulu gara2 ga kuat dingin”. Amiinnnn
Yah,…itu doa gw setiap naek bis sendirian..hihihi…bandel emang gw dah. Lalu lama2 agak membosankan.
Pukul 19.20 WIB ,Jumat
Gw:  “pak, bis yang ke purwokerto nomer LB 2410 dah dateng blom yah.??”.
orang loket :” blom de, mungkin sebentar lagi. Kena macet dari bogor”
Gw : “makasih pak”.
Lorena emang poolnya di bogor, jadi bis2 dari rawamangun emang nunggu dari bogor. Yah karena lebaran gw maklumin lah…duduk termenung sambil dengerin music lagi. Dngeri lagunya jyongri sama aqua timez slama di terminal. Lalu bis2 lorena pun pada berdatangan.  Mulai maw ke arah padang , prabumulih , jogja, bali. Prasaan gundah pun dateng lagi. Kapan bis LB 2410 ini dateng. Ahirnya gw coba datengin loketnya lagi.
Pukul 20.00 WIB ,Jumat
Gw:  “pak, bis yang ke purwokerto nomer LB 2410 dah dateng blom yah.??”.
orang loket :” blom de,Maw pindah bis ngga kamu”
Gw : “hee….maksudnya gimana  pak”.
orang loket : “gini, bis kamu msih di bogor, baru berangkat. Kalo kamu maw cepet, kamu naek bis yang ini aja (sambil nunjukin bis lorena yang lain)”.
 Gw: “ dapet bangku ga pa..?”.
Orang loket : “ada kok….(sambil nunjukin kertas berisi gambar mobil bis nya).. mas bangku 9(Sembilan) C aja”.
Gw: “ loh pak, kok bangku bis nya 2-3 c..??”.
orang loket : “emang kalo ke purwokerto gini mas”.
Gw :  “terus bis yang saya pesen juga 2-3 yah…??”.
orang loket :” iya mas, gimana maw ikut bis ini ga? Langsung brangkat ini”.
gw: “nanti aja lah pak,nunggu bis yang LB 2410 aja”.
Maksudnya 2-3 tuh kayak mayasari bakti. Sebelah kiri 2 bangku yang kanan 3 bangku. Gw kaget  kalo lorena ini bangkunya 2-3. Soalnya gw termasuk pelanggan tetep lorena kalo ke Sumatra. Dan kalo bis ke Sumatra selalu 2-2. Sedikit kecewa dan salah pesen kalo 2-3. Soalnya sempit pasti bangku nya.
Ahirnya gw harus bersabar lagi nunggu…. Menunggu….dan menunggu…...sampe ahirnya laper lagi nih perut.  Abis itu gw ngobrol2 ama calon penumpang bis yang lain. Dan kaget...denger mereka udah nunggu bis nya dari jam 4 sore.  Shock juga denger dia dah nunggu sekitar 4 jam an lebih dang w berpikir, gimana gw yang tiketnya jam 7 yah, bakal dateng jam brapa lagi.
Pukul 20.30 WIB
Lalu dateng bis Lorena,…wah ini nih bis gw. Sambil narik koper dengan semangat pas sampe depan bis nya, gw kaget  “loh kok ke arah padang”… pas gw cek no bis nya. Ternyata LB 4210.F*CKKKKKK karena saking pengennya pulkam sampe salah baca. Dan ahirnya gw menunggu lagi di ruang tunggu. Lalu dateng lagi, dan gw yakin itu tulisannnya LB 2410. Pas gw sampe depan pintu, tiba2 pada rebut antar crew lorena dengan orang loket.  Dan ternyata, tempelan tulisan kode bus LB 2410 itu di copot. Yang ternyata salah nomer bis nya.  bAngSadDDDDDDDDDDDDDDDDDDD. Lagi2 gw kena tipu. Jadi bis itu seharusya LV 2410 jadi LB2410. Orang loket pun rada kesel karena di tipu sama orang bogor. Lalu tiba2 ada pengumuman informasi:
“Kepada penumpang Lorena LB2410 jurusan purwkerto harap bersabar, karena bis baru saja berangkat dari bogor, terima kasih”
Asstaghfrullahhh……….brapa jam lagi gw harus nunggu buat naek bis ke jawa ini. Padahal jam udah menunjukan jam 9 malem.Akhirnya gw pesen indomie dan sambil  dengerin music buat ngehilangin ke bosenan di terminal.  Untung lagu JUJU ama yuna ito yang feat spontania menyejukkan hati gw. Mskipun lagunya sedih…T.T
Pukul 10.30 WIB
Dateng lah yang gw tunggu…BUS LORENA LB2410 jurusan purwokerto dateng juga. Pas pertama dateng kok gw merasa rada aneh sama nih bis. Biasanya kalo bis lorena tuh ada striping warna orange di bagian bawhnya. Kok nih bis putih polos cuman ada tulisan lorena doang…hmm ah masa bodo lah. Yang penting naek bis.
Koper pun gw taro dalem aja Karena ada leppie nya, dan. Dan di dalem bi situ ternyata ga ada nomer bangkunya, pertama rada bingung untuk duduk. Gw dapet bangku 4b, tapi di bangku barisan ke empat udah ada yang duduk. Dan ahirnya gw duduk di bangku urutan ke lima. Eh tiba2 ada yang ngomong ke gw:
Bapak A : “mas, bangkunya nomer  brapa ya…?”.
Gw : “bangku 4B pak, tapi itu dah ada yang nempatin”.
bapak A :”bilang aja dong ke bapaknya, dia nomer brapa”.
gw sambil bangun dari tempat duduk dan nannya ke yang duduk di bangku 4B yang ternyata mereka itu suami istri di situ.
Gw: “pak, nomernya brapa ya…?”.
bapak B: “10 B mas, duduk aja bebas kok, orang ga ada nomernya”.
gw:  “pak, kalo 10 B mah  brarti urutan ke 10 pak. Saya 4 B brarti urutan ke 4. Nomer 10 itu paling belakang”.
kebetulan bukan gw doang yang ngomng, karena banyak yang nyeletukin tuh suami istri yang ahirnya mereka pndah kebelakang.
Gw ahirnya pindah ke bangku ke 4b dan ternyata temen sebangku gw bapak2 yang cukurannya kek abri, ternyta doa ku hanya di kabulkan ngga duduk deket ibu2 yang pake minyak kayu putih dan doa duduk smping cewe cakep di tunda dulu. Lalu gw berdoa:
“bissmillahi Majreha wa Mursaha inna robbi la ghofururrohim , ya allah selamatkan hambamu ini dalam perjalanan. Semoga hamba msih bisa merasakan lebaran tahun ini . aminnnn”.
Bangku 2-3, korsi yang rada keras, tak apalah…ku harus bersabar . namanya juga lebaran, msih banyak orang yang ga bisa mudik, msih banyak orang yang harus berdiri untuk dapet bertemu dengan sanak keluarga nya di hari lebaran. Hal itu lah yang selalu membuat hati gw harus berlapang dada menerima apa adanya di bis lorena ini.
Dan bis pun melaju menuju kota purwokerto.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar