Sabtu, 26 September 2009

Plesiran nang Kampung




arti plesiran itu dalam bahasa EYD indonesia itu jalan2 atau bisa maknanya jalan2 pas waktu liburan ,CMIIW. kalo pulkam tanpa jalan2 rasanya kurang afdol emang kalo dah sampe kampung. apalagi kampung nya jauh dan mungkin cuman setahun sekali kesananya. kayak gw dari jakarta, om gw yang dari tanjung enim sum-sel dan juga ada yang dateng dari probolinggo ja-tim, apalagi adek2 sepupu gw yang ribut maw jalan2. karena posisi kampung gw tuh di tambak jadi ya tempat wisata yang deket di daerah gw tuh semuanya di daerah kebumen. lokasi yang gw kunjungin cuman 3 tempat aja yaitu pertama ke waduk(bendungan) sempor trus ke Goa Jatijajar, lalu terakhir ke pantai Logending. oh iya, poto2 yang gw taro itu di bagian bawah kanannya ada tanggal nya, itu salah seting tanggal di kameranya.
Waduk Sempor



waduk sempor ini terletak di sebelah ngalor(utara) kota gombong. bendungan ini tuh posisinya ada di atas perbukitan jadi udaranya lumayan sejuk. sayang banget pas kita kesana itu lagi musi kemarau jadi aernya lagi dikit banget. di sini wahananya ada speedboat, perahu bebek2an ,dan tour sekitar bendungan naek kapal.




Goa Jatijajar

abis jalan dari sempor, langsung menuju goa jatijajar. di daerah sini ada goa juga namanya goa petruk, tapi karena goa petruk ini sangat susah kesananya dan harus jalan kaki karena mobil ga bisa masuk , maka kita putuskan buat ke jatijajar aja. di areal goa jatijajar sendiri ada beberapa goa2 yang lain, yaitu goa intan sama goa dempok. kalo maw cari goa yang agak kliatan alami maka pilihlah goa dempok atau intan. di situ ada stalaktit yang keren banget. kalo goa jatijajar sudah banyak pembangunan di dalam goanya, jadi kurang menantang. goa jatijajar ini tuh menurut legendanya itu tempat bersemedi nya raden kamandaka yang terus dikenal dengan legenda Lutung kasarung.  jadi di dalem goa jatijajar ini banyak banget patung2 diorama yang menceritakan legenda lutung kasarung ini terutama patung lutung atau monyetnya.

ini adek sepupu gw ilham dan nazmi. kk beradek yang berbeda yang satu cungkring yang satu gendut. dan ditengah2 nya ada ....



poto di bawah menggambarkan situasi penangkapan lutung kasarung

serasa naek honda tiger cuy...


di dalem goa jatijajar juga ada sungai atau kali atau sendang yaitu sendang mawar dan sendang kantil. konon kata orang kalo kita mandi atau cuci muka pake aer ini maka kulit akan awet muda dan mulus. jadi pas gw lewatin kali nya itu penuh banget akan antrian dan juga banyak yang nyimpen aernya di dalem botol. karena penuh jadi gw ga ke situ dan ambil potonya. udah 2009 msih aja percaya ama yang gituan..hati2 musyrikkk. abis keluar dari goa, gw langsung mampir ke pasar seninya. gw di pasar seni nya cuman beli tas yang terbuat dari batok kelapa sama gelang dan baju.







poto di atas tuh topi khas jawa atau biasa di sebut Blangkon. trus di bawah tuh wayang2an dan ada yang versi mini nya.





Pantai Jetis


di daerah kebumen ada namanya kecamatan ayah, di sini terdapat 2 pantai yaitu ada pantai ayah/logending dan pantai jetis. pantai logending tuh sebenernya lebih terkenal timbang pantai jetis tapi gw lbih milih pantai jetis. kenapa, pertama pantai jetis lebih bersih timbang logending dan yang kedua ombak di pantai jetis ini lebih besar pantai jetis ini termasuk pantai laut kidul jadi ombaknya bner2 berbahaya untuk berenang. sunset di pantai ini pas lagi jelek karena ketutupan awan.




ahirnya kita pulang pas jam 6 sore dan nggak lupa makan sate bebek khas tambak. mungkin kalo yang sering ke arah jogja bakal lewat daerah yang jual sate bebek di sepanjang jalan, nah di situ tuh daerah kampung ane.


yah moga2 tahun depan ane bisa mampir ke sono lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar