Selasa, 22 September 2009

30 Jam Jakarta - Purwokerto (Mudik 1430 H) part 2 of 2



Bis lorena LB2410 pun keluar dari terminal rawamangun langsung ke arah tol cikampek. Gw rada kurang apal  jalan2 di Jakarta ini taw2 dah masuk tol aja. Sepanjang jalan terlihat rapet banget bis dan kendaraan lain. Untung di tol ini kendaraan motor ga boleh masuk, kalo misalnya masuk entah jadi apa tol nya dengan lautan motor. Akhirnya macet pun datang di tol ini, gw tinggal tidur  aja lah. Gw dah terlalu lelah nunggu di terminal buat nungguin bis dateng.  Di daerah karawang pun jalan msih padat, jalan bis kayaknya cuman dengan kecepaan 20-30 km/h.  untuk mudik ini, bis2 yang biasanya lewat pantura, untuk kali ini di buang melalui jalur tengah melalui subang, sumedang. Lalu hal yang paling parah untuk mudik kali ini yaitu maet di daerah sumedang. Mungkin karena semua angkutan yang maw lewat pantura semuanya di buang ke jalur tengah,jadi bner2 padat dan akhirnya macet total. Saat itu di sumedang jam 06.00 pagi WIB.


Pas di sumedang itu semua penumpang bis pada keluar dari bis. Nongkrong2 di pinggir jalan dan kebetulan di deket situ ada warung jajanan. Otomatis tuh warung jadi rame mendadak. Ga cuman dari bis kita, juga bis2 yang lain juga pada keluar penumpangnya. Kebetulan bapak yang duduk di samping gw itu puasa jadi dia tetep duduk di tempat. Gw juga rada bambang maw puasa apa ngga ya. Soalnya ga sahur, dan terahir makan cuman makan mie doang. Ahirnya gw putusin ga puasa aja lah. Moga2 Allah SWT memaklumi gw, hihii namanya juga musafir..Ghe Ghe.   Saat itu hp gw tinggal sisa ½ batre nya sedangkan mp3 gw dah abis batrenya. Gw maw turun juga de maw nge charge mp3 gw aja lah, kalo yang lain ngecharge hape, gw sendiri ngecharge mp3. Ga ada music selama dalem perjalanan rasanya kurang okeh.  Pas gw ke warung itu, ternyata yang antri buat ngechas udah panjang bner. Dan yang d jual cman makanan2 bungkusan. Gw pengen pagi2 ini makan yang anget2 buat ngangetin badan, kayak gorengan bakwan atau risol. Dengan hati nekadz gw jalan ke dalem lagi dan ternyata di situ ada warung juga. Gw minta masakin mie goreng aja lah dan sambil ngecash mp3.  Pas gw ke warung itu cuman ada 1 pelanggan doang dan ternyata dia juga maw mudik. Pertama2 kalo kita maw numpang ke kamar mandi buat pipis di persilahkan aja, lalu kita ngomngin ke yang punya warungnya.
Gw: “bu, ga taro tempat duid aja tuh di situ..?”
ibu penjaga warung : “buat apa dek..?”.
gw : “itu kan banyak yang numpang pipis bu, taro aja tempat duid buat sumbangan ngambil aer sama kebersihan. Kan lumayan”.
ibu penjaga warung: “ah biarin lah..ikhlasin aja.”.


Mie pun datang…..dalem hati juga ngerasa ga enak minta tuh ibu buat masakin mie. Mungkin dia lagi puasa.hehehe
Gw: “mari makan….”. (sambil nawarin ke yang lain).
Eh pas lagi makan ada bapak2 ngambil baskom dan di taro deket wc nya sambil dia ngeluarin duid receh 1000 an di situ. Yah mungkin kalo orang punya pikiran normal pasti ngeliad baskom ada duid 1000 an dan nalar lah kalo itu uang sumbangan wc. Kebetulan memang daerah situ lagi langka aernya. Namanya juga musim kemarau. 
Ga nyangka gw di situ ampir 1 jam an. Duduk sambil ngobrol2  santai. Dan bis pun msih belom gerak2 dari posisi nya. Gw sempet ngeri ama yang macet di atas jembatan. Kebetulan deket bis gw macet itu emang ada jembatan. Dan untungnya yang macet di atas jembatan itu bukan bis atau truck tapi cuman mobil pribadi. Coba kalo bis atau truk, pasti penumpang nya ngeri ngeliadnya. Eh ga lama kemudian ada polisi make pengeras suara ngomng:
“silahkan semua penumpang untuk naek ke dalam bisnya masing2… jalanan sudah lancar. Ayo semua naek ke atas mobil anda jalanan sudah lancar”.
Ternyata memang bner, pas di warung itu gw ngeliad mobil dah mulai pada jalan, langsung aja gw ambil mp3 gw yang lagi di charge dan cabut dari warung itu. Emang yang punya warung itu baek banget, gw ngecharge mp3 ga di tarikin duid. Coba kalo lw di restoran atau di terminal, ngecharge hp kena 5000 rupiah. Gw pun naek bis lagi dan ternyata…gw menghabiskan 2 jam kena macet di situ. Massyaallah….
Meskipun dah lolos dari macet total selama 2 jam tadi, bukan brarti gw lolos dari kepadatan arus mudik ke jawa. Ga selang perjalanan 1 jam ternyata kena macet lagi. Macet skarang mungkin karena banyak orang yang ga sabar buat sampe kerumah. Jadi para pengendara mobil ini ngambil jalur yang berlawanan, sehingga kena macet lah karena ga ada yang maw ngalah.  Pas agak longgar ketika dah sampe tol kanci. Meskipun kendaraan padat tapi msih lah bisa jalan. Sebenerny di tol kanci itu untuk yang maw ke purwokerto msih ada tol tambahan. Tapi karena di Cirebon in ibis lorena bakal berenti buat ke rumah makan. Ahirnya kita berenti di restoran untuk pertama kali dari rawamangun di daerah Cirebon. Yaitu rumah makan aroma dan saat itu dah jam 15.00 wib hari sabtu.
Wah, ga sangka kalo lorena ini baik juga, jadi di restoran itu ada service khusus penumpang lorena/karina yaitu makan gratis tapi di ambilin. Kebeneran banget dah ngirit ongkos . tapi ya namanya juga gratis, kita harus nerima yang di kasih. Menunnya tuh :
“NASI + tahu goreng +ikan 1 potong kecil +sop +sambel+aqua”
Ga lupa di resto itu gw numpang ngecharge hp sama mp3.
Perjalanan pun di lanjutkan, perkiraan kalo misalnya lancer bisa sampe purwkerto tuh jam 7 malem an. Wow dah 24 jam sendiri sejak gw berangkat dari rumah.  Yah namanya juga perjalanan mudik, ternyata ga sesuai dengan perkiraan. Kadang kena macet2 dikit, kadang lancer. Yang ahirnya sampai lah di daerah prupuk. Daerah sini memang salah satu tempat macet, knapa, karena sepanjangan jalan ini banyak di lalui perlintasan kereta api. Yah..yang akhir2ny keluar dari prupuk  jam 8 malem dan sampe bumiayu. Perjalanan dari bumiayu sampai purwokerto ini biasanya lancer dan hanya 1 jam saja. Tapi ya namanya juga mudik, ada saja kendala. Kita terjebak macet lagi, dan tnyata penyebab nya yaitu ada yang sedang pawai obor. Ya ampuunn….msih aja kita harus bersabar. Jadi mereka pawai di jalan utama dan makai ½ badan jalan.  Kemudian sampai lah di purwokerto jam 10.30 . Alhamdulillah……ahirnya sampai juga perjalanan gw sampai purwokerto dan tinggal cari bis ke tambak.

Pas turun dari bis, langsung mulai dari tukang ojek , becak dan awak bis lain menawarkan jasanya:
“ngojek de… mbecak mas…tindak pundi mas (maw kmana in java) ..”
Gw langsung tarik koper ke arah ruang tunggu terminal. Perut dah berasa laper gw pun nyari warung makan yang bersih. Gw pun akhirnya makan bakso aja yang ringan dan anget2 sekalian numpang ngecharge hp. Tidak lupa sms bonyok kalo dah sampe purwokerto. Abis makan gw langsung cari bis kea rah gombong kebumen.  Eh lalu gw denger ada orang neriakin ….
“gombong..kebumen jogja…langsung mangkat”
Wah gw langsug ndeket, dan ternyata…bis yang maw kea rah jogja itu bis putih yang di tempelin stiker LORENA alias bis yang baru aja gw naekin dari Jakarta ke purwokerto. Ya Allah..kebeneran banget.padahal dalem hati gw ngerasa rada bakal susah naek bis kea rah gombong jam 11 malem gini. Yawdh gw sambil nanyain tiket ke kondekturnya:
Gw: “mas bis nya ke gombong juga ya…??”.
kondektur Lorena :”iya nih mas, maw pulang ke sana”.
gw: “tiketnya brapa pas..??? , tadi kan saya juga ikut dari Jakarta naek bis ini..”.
kondektur Bis:”ohh..mas tadi naek bis ini juga ya..yawdh 10 ribu aja deh”.
gw : “wah,..makasih ya pak…”.
Wah…bner2 rejeki gw nih. Biasanya kalo bis yang bner2 nrayek kea rah jogja, ga maw di kasih 10 ribu. Minimal 25 ribu apalagi lbaran kek gini. Ereka ga nerima penumpang jarak deket kek gw. Yawdh gw kasih duid dan langsung naek aja dan cari bangku yang kosong. Kebetulan bis nya dah maw agak penuh. Dan ga lama kemudian bis pun jalan kea rah tambak , gombong, kebumen, dan jogja.
Dalam perjalanan dari purwokerto, ngeliad pondok tempat gw dulu menimba ilmu agama selama 3 tahun, ngelewatin kali serayu tempat biasa maen, ngelewatin pasar banyumas, ga lupa ngelewatin tempat rental PS tempat gw dulu main pas smp.  Ngelewatin warteg tempat gw biasa ngutang pas smp..dulu makan cuman 1000 khusus pelajar.  Kemudian gw ngelewatin jalan menuju rumah seorang gadis yang merupakan cinta pertama gw yang sekarang dia sudah menikah dengan pria lain..T.T .pas di daerah ini mp3 langsung gw stel lagu nya JUJU..biar hati gw makin sedih.. yah jalan sepanjang purwokerto tambak emang punya banyak kenangan.  Ahirnya tiba juga di tambak, dan gw turun depan pasar tambak. Gw turun di sini karena di sini banyak ojeknya. Kemudian gw naek ojek dan sampe lah di rumah mbah. Untung mbah gw lom pada tidur, padahal sampe nya jam 1 malem. Yah…namanya juga malem takbiran..mesjid pun saling bersaut sautan mengucapkan takbir kepada Allah SWT.


Allahu akbar , Allahu akbar, Allahu akbar.
Laa ilahailalahuallahu akbar.
Allahu akbar walilahil hamdu.

lebaran lah di tangal 20 september 2009
Tanggal yang keren kan…20 09 2009…:D

1 komentar:

  1. ari baru nyadar tanggalnya keren :D.... hehehe lebaran kemarin yang paling seru Jakarta-Jogjakarta ari tempuh dlm waktu kurang lebih 30 jam hiks...hiks.... klo rsuu?

    BalasHapus